Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Tahun 2015 Kantor Kesatuan Bangsa Kabupaten Sleman

Penyusunan IKM pada Kantor Kesatuan Bangsa Kabupaten Sleman merupakan bagian dari pelaksanaan kegiatan Penyusunan IKM Pemerintah Kabupaten Sleman, yang pada tahun ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT). Survei Kepuasan Masyarakat merupakan salah satu bentuk pelibatan masyarakat untuk menilai kinerja penyelenggaraan pelayanan publik. Selanjutnya hasil survei berupa IKM yang memuat gambaran tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diterima diharapkan menjadi umpan balik bagi penyelenggara dan pelaksana  pelayanan publik, dalam meningkatkan kualitas pelayanannya.

Dasar hukum penyelenggaraan Survey Kepuasan Masyarakat antara lain:

  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik;
  4. Peraturan Bupati Sleman Nomor 19 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman;
  5. Peraturan Bupati Sleman Nomor 5.2 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman.

Adapun Jumlah Nilai per Unsur Pelayanan pada Kantor Kesatuan Bangsa Kabupaten Sleman adalah sebagai berikut:

Tabel 

Jumlah Nilai per Unsur Pelayanan

pada Kantor Kesatuan Bangsa Kabupaten Sleman

No Unsur Pelayanan Jumlah Nilai
1. Prosedur pelayanan 492
2. Persyaratan pelayanan 479
3. Kejelasan petugas pelayanan 448
4. Kedisiplinan petugas pelayanan 478
5. Tanggungjawab petugas pelayanan 485
6. Kemampuan petugas pelayanan 508
7. Kecepatan pelayanan 471
8. Keadilan mendapatkan pelayanan 487
9. Kesopanan dan keramahan petugas 508
10. Kualitas produk pelayanan 485
11. Kepastian biaya pelayanan 582
12. Kepastian jadwal pelayanan 511
13. Kenyamanan lingkungan 482
14. Keamanan pelayanan 495
Sumber: Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Kantor Kesatuan Bangsa Kabupaten Sleman, 2015

Tabel 

Nilai Rata-rata Tertimbang per Unsur Pelayanan

pada Kantor Kesatuan Bangsa Kabupaten Sleman

No Unsur pelayanan NRR Tertimbang
1. Prosedur pelayanan 0.23
2. Persyaratan pelayanan 0.23
3. Kejelasan petugas pelayanan 0.21
4. Kedisiplinan petugas pelayanan 0.23
5. Tanggungjawab petugas pelayanan 0.23
6. Kemampuan petugas pelayanan 0.24
7. Kecepatan pelayanan 0.22
8. Keadilan mendapatkan pelayanan 0.23
9. Kesopanan dan keramahan petugas 0.24
10. Kualitas produk pelayanan 0.23
11. Kepastian biaya pelayanan 0.28
12. Kepastian jadwal pelayanan 0.24
13. Kenyamanan lingkungan 0.23
14. Keamanan pelayanan 0.23
Jumlah 3.27
Sumber: Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Kantor Kesatuan Bangsa Kabupaten Sleman, 2015

Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) didapatkan sebagai hasil pengalian antara hasil penjumlahan NRR Tertimbang  dengan nilai dasar 25.

Dengan demikian nilai IKM yang diperoleh Kantor Kesatuan Bangsa Kabupaten Sleman adalah;

3.27 x 25 (nilai dasar) = 81.78

Nilai tersebut kemudian dikonversi ke dalam tingkat Mutu Pelayanan dan Kinerja Unit Pelayanan, dengan pedoman sebagai berikut:

Tabel

Konversi Indeks

Nilai Interval Konversi Mutu Pelayanan Kinerja Unit Pelayanan
25,00 – 43,75 D Tidak baik
43,76 – 62,50 C Kurang baik
62,51 – 81,25 B Baik
81,26 – 100,00 A Sangat baik
Sumber     : Peraturan Bupati Sleman Nomor 5.2 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman

Sehingga nilai IKM yang mencapai 81.78 jika dikonversikan dengan pedoman sebagaimana Tabel 5, maka Mutu Pelayanan adalah A dan Kinerja SANGAT BAIK.

Berdasarkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2015 atas pelayanan yang diberikan oleh Kantor Kesatuan Bangsa Kabupaten Sleman, dapat disimpulkan bahwa:

  1. Mutu pelayanan yang diberikan oleh Kantor Kesatuan Bangsa Kabupaten Sleman masuk dalam kategori SANGAT BAIK.
  2. Kinerja pelayanan pada Kantor Kesatuan Bangsa Kabupaten Sleman masuk dalam kategori SANGAT BAIK.

Meskipun secara umum hasil Survei Kepuasan Masyarakat pada Kantor Kesatuan Bangsa Kabupaten Sleman masuk dalam kategori sangat baik, namun upaya peningkatan kualitas pelayanan masih perlu terus dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Strategi demikian dimaksudkan agar Kantor Kesatuan Bangsa Kabupaten Sleman mampu terus beradaptasi terhadap perubahan lingkungan, mampu mengimbangi tuntutan masyarakat pengguna layanan, dan mampu berprestasi sebagai Unit Pelayanan Publik berkinerja tinggi.

Comments are closed