Focus Group Discussion (FGD) Kewaspadaan Dini Daerah dengan tema “Cipta Kondisi Wilayah Secara Terpadu Melalui Reksa Desa”

Focussed Group Discussion (FGD) dengan tema “Cipta Kondisi Wilayah Secara Terpadu Melalui Reksa Desa Di Kabupaten Sleman”, pada hari Senin tanggal 14 Oktober 2019, pukul 08.30 – 15.30 WIB, di Aula Bappeda Kabupaten Sleman.

Kegiatan Reksa Desa merupakan tindak lanjut dalam kegiatan Pelatihan Pengendalian Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan yang telah diselenggarakan di Kecamatan Tempel beberapa bulan yang lalu.

Pembentukan Reksa Desa ditetapkan dengan Keputusan Kepala Desa. Kepala Desa berkedudukan sebagai Pembina Reksa Desa. Struktur keanggotaan Reksa Desa terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, dan anggota.

Tugas Reksa Desa yaitu memelihara kondisi damai dalam kehidupan masyarakat, merespon secara cepat dan menyelesaikan secara damai permasalahan yang berpotensi menimbulkan konflik, melakukan upaya pencegahan permasalahan yang berpotensi menimbulkan konflik, melakukan komunikasi dan koordinasi dengan instansi / Lembaga.

Reksa desa yaitu Gerakan yang terkoordinasi dengan memanfaatkan pemberdayaan antisipatif, aktif, peka didukung dengan terintegrasinya data ditunjang dengan teknologi IT dan diperlukan sinergitas berkelanjutan.

Comments are closed