Focus Group Discussion (FGD) Komunitas Intelijen Daerah (KOMINDA) Menghadapi Pemilu 2019

Dalam rangka mengantisipasi potensi konflik dalam penyelenggaraan pemilu 2019, maka diselenggarakanlah FGD KOMINDA. Bertempat di Aula Unit 1 Pemda Sleman, senin, 12 November 2018 acara digelar dengan tema “Antisipasi Terhadap Berbagai Masalah yang Dapat Menimbulkan Potensi Konflik dalam Penyelenggaraan Pemilu 2019”.

Materi pertama di sampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman, Hery Dwikuryanto, S.H., M.Hum. dengan judul “Peran Pemerintah Daerah dalam Mewujudkan Pemilu Damai”. Narasumber kedua Baihaqi, S.Ag. (KPU Sleman) dengan judul paparan “Upaya Antisipasi Terhadap Dinamika Timbulnya Potensi Konflik Pemilu 2019”. Narasumber ketiga dari Bawaslu Kab. Sleman (Arjuna Al Ichsan Siregar) dengan tema “Kerawanan dan Potensi Konflik Pemilu 2019”.

Setelah pemaparan materi selesai lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Peserta cukup antusias mengikuti seluruh sesi FGD. Dari diskusi yang ada muncul rekomendasi bahwa perlu inovasi kegiatan kampanye yang melibatkan massa, atau mungkin diadakan lomba kampanye kreatif. Tujuannya agar konvoi kampanye di jalan dapat dialihkan menjadi kegiatan yang positif dan tidak mengganggu para pengguna jalan.

 

Comments are closed

  • Bantu kami untuk mengisi survey agar kami bisa menjadi lebih baik