PERESMIAN RINTISAN DESA “REKSA DESA” DAN LAUNCHING APLIKASI “SI DENI”

Pada tanggal 30 Oktober 2019 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman telah dilaksanakan Peresmian Rintisan Desa “Reksa Desa” sekaligus Launching Aplikasi “Si Deni” (Sistem Informasi Deteksi Dini) merupakan inovasi dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman.

Dalam acara ini Bupati Sleman menyerahkan SK Bupati kepada Kepala Desa Pondokrejo dan Kepala Desa Lumbungrejo Kecamatan Tempel sebagai role model rintisan desa “Reksa Desa”.

Acara dihadiri oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat se-Kabupaten Sleman, Kepala Desa Pondokrejo dan Lumbungrejo beserta perangkat dan jajaran, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan pengurus Reksa Desa.

Dalam sambutannya Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman, Bapak Hery Dwikuryanto, S.H., M.Hum mengemukakan bahwa Reksa Desa berangkat dari Peraturan Bupati Nomor 36 Tahun 2019 membuat suatu kebijakan dalam pengelolaan pemberdayaan keamanan di tingkat desa, kebijakan ini memerlukan kesadaran di tingkat desa sehingga akan tercipta wilayah desa yang tenteram dan damai.

Badan Kesbangpol telah bekerjasama dengan Dinas Kominfo Sleman untuk mewujudkan cipta kondisi di Kabupaten Sleman yang aman serta membangun Sleman Smart Regency dan Smart City maka dibuatlah “Si Deni” (Sistem Informasi Deteksi Dini).

Aplikasi deteksi dini melibatkan anggota FKDM, bhabinkamtibmas, babinsa nantinya dapat mengirimkan laporan kejadian secara berjenjang. Tujuannya agar jika terjadi embrio gesekan di tingkat desa dapat diantisipasi dengan cepat.

Bupati Sleman dalam sambutannya mengapresiasi gagasan “Reksa Desa” dan aplikasi “Si Deni”, beliau berharap dengan adanya rintisan desa “Reksa Desa” dan aplikasi “Si Deni” dapat mengelola keamanan kaitannya dengan ketertiban yang ada di desa agar lebih baik lagi.

Comments are closed

  • Bantu kami untuk mengisi survey agar kami bisa menjadi lebih baik