Sarasehan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan

Sarasehan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan  dengan tema “Peningkatan Wawasan Kebangsaan Untuk Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Menjelang Pilkada“.

Sarasehan dilaksanakan selasa 10 November 2020 di Ruang Rapat Kalurahan Maguwoharjo.

Kegiatan diawali sambutan dari Lurah Maguwoharjo H. Imindi, S.Pd dengan menyampaikan “Kalurahan Maguwoharjo menjadi salah satu kalurahan yang masyarakatnya heterogen.”

Berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia tinggal di wilayah Kalurahan Maguwoharjo.

Jadi sangatlah perlu kita kembali belajar tentang Wawasan Kebangsaan untuk dapat hidup rukun berdampingan dengan saudara-saudara kita dari berbagai suku bangsa dan tanah air.

Begitu pula Bapak Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman menyampaikan “Wawasan kebangsaan sangatlah penting untuk tetap utuhnya NKRI, karena dengan wawasan kebangsaan akan tertanam pada jiwa setiap warga negara untuk semangat bela negara.”

Melalui acara ini semoga menambah wawasan keilmuan bagi masyarakat.

Dalam konteknya dibidang Wawasan Kebangsaan guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa dalam keluarga, pendidikan terutama bagi anak didiknya.

Potensi intergrasi bangsa Indonesia saat ini adalah dikarenakan masyarakat Indonesia saat ini mengalami penurunan rasa  nasionalisme.

Ditunjukkan  dari hasil survei Litbang Kompas medio bulan Agustus tahun 2016 sebesar 49,9% masyarakat merasakan adanya pelemahan rasa nasionalisme dalam diri bangsa Indonesia.

Wawasan Kebangsaan adalah merupakan suatu konsep kehidupan bangsa yang utuh dan bula.

Bukan hanya konsepsi ideologi tetapi juga konsepsi politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan, dan keamanan Negara.

Dari rasa kebangsaan, akan tumbuh suatu paham kebangsaan dan dari paham kebangsaan akan tumbuh  semangat kebangsaan pada diri setiap anak bangsa ini.

Harapan terbesar bagi bangsa Indonesia adalah bahwa dengan pengakuan dunia internasional tersebut terdapat keyakinan yang sangat kuat.

Bahwa Negara Kesatuan RI tak akan terbagi bagi dan merupakan kesatuan utuh dan   komprehenship ( United of State ). 

Dapat disimpulkan bahwa, rasa kebangsaan harus ditumbuhkan dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan.Berlanjut sampai pada seluruh komponen bangsa ini termasuk para generasi muda dan komponen bangsa lainya dalam wadah NKRI.

Comments are closed

  • Bantu kami untuk mengisi survey agar kami bisa menjadi lebih baik