SEMINAR FORUM ORMAS DAN LSM KABUPATEN SLEMAN

Pada hari Kamis, tanggal 22 Agustus 2019 pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai bertempat di Aula unit I Pemda Kabupaten Sleman berlangsung Seminar Forum Ormas dan LSM Kabupaten Sleman, dengan tema “Strategi Keterlibatan Perempuan dalam Pembangunan dan Politik di Kabupaten Sleman. Seminar dihadiri 3 (tiga) narasumber dari Dinas P3AP2KB Kab. Sleman, Wasingatu Zakiyah (Aliansi Perempuan Peduli Kebijakan), dan Ketua Forum Ormas/LSM Kab. Sleman.

Seminar dibuka oleh Bapak Indra Darmawan, S.Sos,.M.Sc selaku Kepala Bidang Politik Dalam Negeri. Bapak Indra Darmawan, S.Sos,.M.Sc. menyampaikan maksud diadakannya seminar ini adalah dalam rangka upaya mendorong peran perempuan dalam pembangunan dan politik serta menyampaikan fungsi dan dan tanggung jawab Ormas dan LSM untuk berpartisipasi dalam upaya mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia.

Narasumber pertama Ibu Dra. Kumala Retno Budi Rahayu, M.Si. selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Dinas P3AP2KB Kab. Sleman menyampaikan Program Pemerintah Kabupaten Sleman dalam Mendorong Keterlibatan Perempuan dalam Politik dan Pembangunan.  Visinya yaitu Terwujudnya masyarakat yang lebih sejahtera, mandiri, berbudaya dan terintrerigasikannya sistem E-Gov menuju Smart Regency pada tahun 2021.

Narasumber Kedua Ibu Wasingatu Zakiyah (Aliansi Perempuan Sleman) yang menyampaikan Strategi Organisasi Perempuan dalam Pembangunan dan Politik di Kabupaten Sleman. Perempuan dalam UU Desa Pasal 58 (1) Jumlah anggota Badan Permusyawaratan Desa ditetapkan dengan jumlah gasal, paling sedikit 5 (lima) orang dan paling banyak 9 (sembilan) orang, dengan memperhatikan wilayah, perempuan, penduduk, dan kemampuan Keuangan Desa.

Narasumber ketiga dari Bapak Ahmad Munif, S.Ag. Ketua Forum Ormas dan LSM Kab. Sleman yang menyampaikan Peran Forum Ormas dan LSM dalam Mendorong Keterlibatan Perempuan dalam Pembangunan dan Politik di Kabupaten Sleman. Mengharapkan perempuan di Wilayah Sleman agar meningkatkan Wil Of Power agar ikut berkontribusi didalam Pengisian organisasi BPD di Kabupaten Sleman.

Comments are closed