Workshop Kader Pancasila dengan tema “ Revitalisasi dan Reaktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Berbasis Desa Berkarakter Pancasila”

Pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis tanggal 18, 19, dan 20 Juni 2019 pukul 07.30 – 17.00 WIB bertempat di The Rich Hotel Yogyakarta, Jalan Magelang, Jombor, Sinduadi, Mlati Sleman telah berlangsung Workshop Kader Pancasila dengan tema  dengan tema “ Revitalisasi dan Reaktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Berbasis Desa Berkarakter Pancasila”.  Acara dihadiri sekitar 50 orang.

Pembukaan dilaksanakan tanggal 18 Juni 2019, acara diawali dengan laporan penyelenggara oleh Kepala Bidang Bina Ideologi, Wawasan Kebangsaan, dan Karakter Bangsa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman (Sudiro, SH) yang menyampaikan:

  1. Dasar pelaksanaan Workshop Kader Pancasila Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indoensia Nomor 29 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemerintah Daerah dalam Rangka Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila, Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 003.1/2821/SJ tanggal 7 Mei 2018, terkait instruksi untuk melaksanakan kegiatan yang dapat memperdalam pemahaman pengarusutamaan nilai-nilai Pancasila untuk pembentukan Desa Berkarakter Pancasila.
  2. Maksud diselenggarakannya workshop ini untuk menghidupkan, memahami dan menghayati kembali nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kegiatan ini merupakan upaya berkelanjutan dalam rangka “Revitalisasi dan Reaktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara” yang telah didahului dengan Kajian Desa Berkarakter Pancasila dan Seminar Pancasila. Workshop ini juga sebagai upaya pendampingan dan penguatan bagi perintisan “Desa Berkarakter Pancasila” yang pada tahap kedua dipilih Desa Margodadi, Desa Ambarketawang, dan Desa Madurejo sebagai Desa Berkarakter Pancasila Kabupaten Sleman.

Selanjutnya paparan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman (Hery Dwikuryanto, SH, M. Hum) dengan tema “Rencana Aksi Pemerintah Daerah dalam upaya mendukung program Nawa Cita di bidang revolusi karakter bangsa“ intinya meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya dan mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Selama acara ada beberapa narasumber, salah satunya Sofyan Setyo Darmawan Wakil Ketua DPRD menyampaikan asas kerakyatan sudah melibatkan rakyat dalam proses politik secara langsung, sehingga rakyat diikutkan dalam proeses pembentukan lembaga-lembaga negara terutama presiden/wakil presiden, Legislatif, Gubernur/wakil gubernur dan Bupati/wakil bupati.

Di akhir acara pengarahan Bupati Sleman yang diwakili oleh Ibu Wakil Bupati Ibu Dra. Sri Muslimatun, M.Kes yang menyampaikan materi “Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Aktualisasi dan Implementasi Nilai-nilai Pancasila”, intinya melalui acara ini masyarakat Kabupaten Sleman dapat kembali merevitalisasi dan mengaktualisasi pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara sekaligus sebagai rujukan dan inspirasi bagi upaya menjawab berbagai tantangan kehidupan bangsa dalam melaksanakan pembangunan daerah berdasarkan pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dan melalui upaya revitalisasi diupayakan masyarakat Indonesia memiliki kesiapan mental dan spiritual untuk menghargai dan menerima perbedaan, menghormati dan menerima keragaman suku, agama, ras dan golongan yang meski memiliki kepentingan berbeda namun tetap dalam satu wadah yaitu Indonesia.

Comments are closed