Pembentukan dan Pendampingan Desa Berkarakter Pancasila

Sarasehan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan  dengan tema “Peningkatan Wawasan Kebangsaan Untuk Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa“ yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 11 Februari 2020 di Balai Desa Donoharjo Ngagglik Sleman.

Kondisi masyarakat Donoharjo sangat dinamis. Dinamisnya masyarakat Donoharjo sangat dipengaruhi akan keberagaman yang terdapat di masyarakat Donoharjo.

Tentunya dengan keberagaman tersebut sangat memungkinkan adanya potensi permasalahan yang akan muncul. Kegiatan Sarasehan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan sasarannya adalah tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pengajar, dan pelajar yang akan dilaksanakan sebanyak 18 kali di tingkat desa dan 2 kali di tingkat Kabupaten.

Oleh sebab itu, tepat kiranya apabila hasil dari kegiatan Sarasehan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan di Balai Desa Donoharjo kali ini dapat diimplementasikan oleh peserta dan juga disebarluaskan kepada keluarga, teman, serta masyararakat sekitar dalam rangka upaya memperkuat persatuan dan kesatuan.

Dapat disimpulkan bahwa, rasa kebangsaan harus ditumbuhkan dari sendiri, keluarga, lingkungan, dan berlanjut sampai pada seluruh komponen bangsa ini termasuk para generasi muda dan komponen bangsa lainya dalam wadah NKRI. Dari rasa kebangsaan, akan tumbuh suatu paham kebangsaan dan dari paham kebangsaan akan tumbuh  semangat kebangsaan pada diri setiap anak bangsa ini.

 

Comments are closed

  • Bantu kami untuk mengisi survey agar kami bisa menjadi lebih baik