Sarasehan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan

Kegiatan Sarasehan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan  dengan tema “Peningkatan Wawasan Kebangsaan Untuk Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa“ yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 11 Februari 2020 pukul 08.30 – 12.30 WIB di Balai Desa Donoharjo Ngagglik Sleman.

Ucapan terima kasih juga tidak lupa dihaturkan kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman yang telah menunjuk Desa Donoharjo sebagai tempat pertama dalam rangkaian kegiatan Sarasehan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020.

Sambutan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman yang disampaikan oleh Drs. Ahmad Yuno Nurkaryadi, MM Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman, inti yang disampaikan, Kegiatan Sarasehan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan sasarannya adalah tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pengajar, dan pelajar yang akan dilaksanakan sebanyak 18 kali di tingkat desa dan 2 kali di tingkat Kabupaten.

Maraknya ujaran kebencian, aksi-aksi radikalisme, tawuran, isu SARA yang terjadi akhir-akhir ini jika tidak tertangani dengan baik akan menganggu integrasi bangsa. Kesadaran dan semangat akan keberagaman tentu saja tidak cukup untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Yang diperlukan adalah komitmen dan karakter yang kuat di tengah perkembangan jaman dan implikasi perubahan sosial yang menyertainya.

Dalam konteks upaya pengamalan dan pelembagaan nilai-nilai Pancasila tersebut Desa sebagai bagian integral dari NKRI mempunyai posisi strategis, baik dalam interaksi keseharian perilaku masyarakatnya dan dari aspek personifikasi lembaga yang memproduksi kebijakan.

Oleh karena itu melalui Desa yang mampu mereproduksi perilaku yang mencerminkan pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam mengelola potensi negatif dari perkembangan jaman yang terkait dengan konflik menjadi hal krusial.

Comments are closed

  • Bantu kami untuk mengisi survey agar kami bisa menjadi lebih baik