Pengukuhan dan Sarasehan Pembauran

Pengukuhan dan Sarsehan Pembauran yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 3 Oktober 2019 pukul 18.30 – 23.00 WIB bertempat di Aula Unit I Pemda Sleman.

Kegiatan Sarasehan Pembauran Kebangsaan tersebut dapat menjadi momentum saling mengenal dan menjalin hubungan silaturahmi antar komunitas dalam upaya untuk memperkokoh Wawasan Kebangsaan yang ada di Kabupaten Sleman.

Kabupaten Sleman merupakan salah satu Kabupaten yang unik karena terdiri dari ras, suku dan etnis yaitu Using, Madura, Bali, Thionghoa, Jawa, Maluku, Arab, Minang, Sulawesi, Padang dan sebagainya.

Oleh karena itu, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK)  ini perlu ditindak lanjuti pembentukannya baik di  Tingkat Kabupaten Sleman yang akan diteruskan hingga ke tingkat Kecamatan, Kelurahan dan Desa. Pengukuhan dilakukan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman.

Tugas Forum Pembauran Kebangsaan sesuai yang diamanatkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2006 pasal 9 adalah menjaring aspirasi masyarakat di bidang pembauran kebangsaan, menyelenggarakan forum dialog dengan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, pemuka adat, suku, dan masyarakat, menyelenggarakan sosialisasi kebijakan yang berkaitan dengan pembauran kebangsaan, merumuskan rekomendasi kepada gubernur sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan kebijakan pembauran kebangsaan.

Comments are closed